Surat Rindu


Untuk ibu..
Di
Rumah panggungku
Assalamualaikum.....
                Bagaimana kabarmu di sana? Semoga sehat dan selalu dijaga oleh Allah. Amiin...
Ibu..
Di sini anak yang kau lahirkan ini terus berjuang mencari makna kehidupan.
Ibu tau tidak?
Kadang di sini aku lelah. Bayangkan jika pulang dan pergi ke kampus aku harus pake bus. Capek rasanya. Jika seperti ini aku langsung ingat dengan antar jemput ayah. Ingin rasanya pulang
Ibu..
Tau tidak?
 inginku, niatku, untuk pulang beberapa bulan lagi mengajariku kenakalan.
Kenapa?
Kadang jika mata kuliah sedang berjalan, aku tak konsen. Di benakku ada jalan poros makassar pare-pare. Aku menghayal ada di atas mobil panter, duduk dekat jendela lalu sedikit menurunkan kaca jendela untuk melihat jalan panjang yang kulalui.
Aku membayangkan lewat di penjual jalan kote’ di Maros.
Singgah di penjual jeruk di pangkep dan tidak lupa aku makan ikan bakar dan sop saudaranya.  Lalu singgah sejenak di rumahmu ibu, yang masih sekitar pangkep itu. dan ketika aku sampai ri rumah, kudapati dirimu sedang memasak masakan kesukaanku yaitu ikan kering yang disiran sedikit minyak dan jeruk purut
Ibu..
Khayalku ini mengganggu. Bayangkan, mulut dosen kulihat hanya bergerak gerak tetapi pikiranku ada di mana-mana
Ibu aku rindu kota Barru, kota yang memberi cerita. Aku ingin lewat di sana untuk melihat laut di sepanjang jalan lalu terulanglah kisah remajaku. Masa jatuh cinta yang pertama kalinya. Entah pada siapa saya jatuh cinta saat itu. saya juga tidak ingin mengingatnya. Malu rasanya jika ingat cinta monyet.
Terus, saya lewat pare-pare, kota dimana ayahku dilahirkan
Lalu menuju sengkang mengenang masa aliyahku dulu. Tak banyak yang bisa kuceritakan di sini
Tibalah tempat yang paling kucintai “Soppeng” tepatnya di desa Citta. Desa yang mengingatkan pada masa kecil. pada saat itu aku  menyuruh nenekku membeliakn 6 ekor itik. Aku sangat suka itik. Itik itu cantik inilah yang membuatku senang pada itik. Setiap hari sebelum ke sekolah, aku pasti sarapan sambil melihat itik-itikku di kandangnya yang sangat dekat dengan rumah.  Hingga pada ketika keenam itik itu mati, aku marah, aku seperti orang yang kehilangan  kekasih  “sedikit lagi minum baigon” sungguh kehilangan keenam itikku itu membuatkutku tak ingin  mencintai sesuatu, sakit. Cut..cut..cut.. rasanya seperti ditusuk jarum
Ibu...
Ini cerita anakmu ...
Ibu...
Aku rindu kamu, saking rindunya, selalu ada wajahmu di setiap kedipan mataku

Aku mencintaimu  karena ALLAH
Tenri Al-bugisy
                                                                                                                                                                                  

0 komentar: